IGD : (0286) 479-510 Info : (0286) 479-030 Pendaftaran : (0286) 479-454 WA : 08112992111 HotLine Keluhan : 08112705252

Program Penanganan Clubfoot Kerjasama dengan Pusat Rehabilitasi YAKKUM

Monday, 30 October 2023 12:43 WIB
rsemanuel-cover-news-2023/11/02/program-penanganan-clubfoot-kerjasama-dengan-pusat-rehabilitasi-yakkum
Gbr. Cover Program Penanganan Clubfoot Kerjasama dengan Pusat Rehabilitasi YAKKUM - RSEMANUEL ©2023

Kaki club, atau yang dikenal juga sebagai "clubfoot" adalah kelainan kongenital yang memengaruhi bentuk dan posisi kaki seseorang saat lahir. Kondisi ini biasanya terjadi pada salah satu atau kedua kaki, dan kaki yang terkena clubfoot cenderung terlihat seperti dalam posisi yang abnormal, biasanya dengan jari-jari kaki yang tertarik ke bawah dan ke dalam, sehingga terlihat seperti "terpelintir". Kaki yang terkena clubfoot juga cenderung lebih kecil dari kaki yang normal.

Clubfoot adalah kelainan yang mungkin memengaruhi mobilitas dan fungsi kaki seseorang jika tidak diobati. Namun, dengan perawatan medis yang tepat, sebagian besar kasus clubfoot dapat diatasi. Perawatan clubfoot biasanya melibatkan perban, penarikan lembut, pemasangan gips, dan dalam beberapa kasus, operasi. Perawatan ini biasanya dimulai segera setelah bayi lahir dan dapat berlanjut selama beberapa tahun.

Clubfoot adalah kondisi yang cukup umum, dan kebanyakan individu yang menderita clubfoot dapat mencapai mobilitas dan fungsi kaki yang cukup baik setelah perawatan yang sesuai. Dengan perawatan yang tepat, sebagian besar anak dengan clubfoot dapat berjalan dan berfungsi secara normal dalam kehidupan sehari-hari.

Program penanganan clubfoot yang merupakan kerja sama antara Pusat Rehabilitasi YAKKUM dan RS Emanuel Klampok Banjarnegara. Kunjungan Pusat Rehabilitasi YAKKUM ke RS Emanuel Banjarnegara, Diskusi teknis program & strategi penjangkauan, Refresh/pendampingan mengenai Sistem Administrasi Clubfoot (CAST System), serta Sosialisasi/diskusi dengan stakeholder strategis dalam upaya deteksi dini & rujukan clubfoot.

Cari tahu lebih lanjut bit.ly/ClubfootBisaSembuh

Penulis : tim_medsos
Kategori : BERITA
Total Views : 200