IGD : (0286) 479-510 Info : (0286) 479-030 Pendaftaran : (0286) 479-454 WA : 08112992111 HotLine Keluhan : 08112705252

Upaya Edukasi Peningkatan Gizi dan Penurunan Stunting - PKRS (Promosi Kesehatan RS)

Sunday, 27 August 2023 09:38 WIB
rsemanuel-cover-news-2023/08/28/upaya-edukasi-peningkatan-gizi-dan-penurunan-stunting-pkrs-promosi-kesehatan-rs
Gbr. Cover Upaya Edukasi Peningkatan Gizi dan Penurunan Stunting - PKRS (Promosi Kesehatan RS) - RSEMANUEL ©2023

Upaya edukasi yang fokus pada peningkatan gizi dan penurunan stunting dapat memberikan manfaat besar bagi masyarakat. Melalui edukasi yang tepat, para orang tua dapat memahami betapa pentingnya memberikan asupan gizi yang seimbang bagi anak-anak mereka sejak dini. Mereka dapat belajar mengenai jenis makanan yang kaya akan zat-zat penting seperti protein, zat besi, kalsium, dan vitamin, yang mendukung pertumbuhan optimal anak. Selain itu, edukasi juga berfokus pada pentingnya pemberian ASI eksklusif dalam enam bulan pertama kehidupan, yang memiliki kandungan nutrisi yang esensial dan membantu mencegah stunting. Diversifikasi pangan juga menjadi bagian penting dalam edukasi ini, karena dengan memberikan variasi makanan, anak-anak mendapatkan spektrum nutrisi yang lebih luas. Edukasi seputar perawatan dan higiene juga tak kalah pentingnya, mengingat infeksi dan penyakit yang dapat memengaruhi penyerapan nutrisi anak.

Dengan upaya edukasi yang konsisten dan menyeluruh, diharapkan kesadaran akan pentingnya gizi yang baik dan perawatan yang tepat akan semakin meningkat. Peningkatan pengetahuan ini dapat mendorong perubahan perilaku dalam masyarakat, termasuk dalam hal pola makan dan perawatan anak. Dalam jangka panjang, hal ini dapat membantu mengurangi angka stunting dan menciptakan generasi muda yang lebih sehat, cerdas, dan berpotensi. Diperlukan kerjasama antara pemerintah, lembaga pendidikan, tenaga medis, dan masyarakat umum untuk menjalankan program edukasi ini dengan efektif, guna meraih hasil yang signifikan dalam mengatasi masalah stunting dan peningkatan gizi anak.

Pada tanggal 24 Agustus 2023, Rumah Sakit Emanuel ber-sinergi bersama Pemerintah Desa Kecitran mengadakan kegiatan Kelas Peduli Gizi setiap 1 bulan sekali dalam upaya edukasi peningkatan gizi dan penurunan stunting.

Penulis : tim_medsos
Kategori : BERITA
Total Views : 265