IGD : (0286) 479-510 Info : (0286) 479-030 Pendaftaran : (0286) 479-454 WA : 08112992111 HotLine Keluhan : 08112705252

Penyuluhan Dalam Rangka Hari Hepatitis Sedunia 2024 bersama dr. Prima Rizky Nur Rasyid

Saturday, 27 July 2024 11:05 WIB
rsemanuel-cover-news-2024/07/27/penyuluhan-dalam-rangka-hari-hepatitis-sedunia-2024-bersama-dr-prima-rizky-nur-rasyid
Gbr. Cover Penyuluhan Dalam Rangka Hari Hepatitis Sedunia 2024 bersama dr. Prima Rizky Nur Rasyid - RSEMANUEL ©2024

Pada Hari Hepatitis Sedunia 2024, Rumah Sakit Emanuel menyelenggarakan penyuluhan kesehatan dengan tema “It’s Time For Action,” yang dipandu oleh dr. Prima Rizky Nur Rasyid. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya dan pencegahan hepatitis. Hepatitis, yang merupakan peradangan hati, dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk infeksi virus. Penyuluhan ini menekankan pentingnya deteksi dini dan pengobatan yang tepat untuk mencegah komplikasi serius.

 

Dr. Prima Rizky Nur Rasyid, memaparkan berbagai jenis hepatitis, termasuk hepatitis A, B, C, D, dan E. Ia menjelaskan bahwa hepatitis B dan C adalah yang paling berbahaya karena dapat menyebabkan penyakit kronis yang berujung pada sirosis atau kanker hati. Oleh karena itu, dr. Prima menekankan pentingnya vaksinasi, terutama untuk hepatitis B, sebagai langkah pencegahan yang efektif.

 

Selain membahas jenis dan penyebab hepatitis, dr. Prima juga memberikan informasi mengenai gejala-gejala yang sering kali tidak spesifik, seperti kelelahan, mual, dan nyeri perut. Oleh karena itu, banyak kasus hepatitis yang tidak terdeteksi sampai penyakit sudah mencapai tahap lanjut. Dr. Prima menyarankan masyarakat untuk rutin melakukan pemeriksaan kesehatan, terutama bagi mereka yang memiliki faktor risiko tinggi seperti pengguna narkoba suntik atau pekerja kesehatan.

 

Dalam penyuluhan tersebut, dr. Prima juga mengajak masyarakat untuk bersama-sama melawan hepatitis melalui tindakan nyata. Ia menekankan pentingnya gaya hidup sehat, termasuk menjaga kebersihan pribadi, menghindari penggunaan jarum suntik bersama, dan mengonsumsi makanan serta minuman yang bersih dan higienis. Selain itu, ia juga mengajak masyarakat untuk tidak ragu memeriksakan diri jika mengalami gejala-gejala yang mencurigakan.

 

Acara penyuluhan ini disambut dengan antusias oleh para peserta. Mereka aktif bertanya dan berdiskusi dengan dr. Prima mengenai berbagai hal terkait hepatitis. Dengan tema “It’s Time For Action” penyuluhan ini tidak hanya memberikan edukasi tetapi juga mendorong tindakan nyata dari masyarakat untuk melawan hepatitis. Bersama-sama, kita dapat mencegah dan mengendalikan penyebaran penyakit ini, serta menciptakan generasi yang lebih sehat dan bebas dari hepatitis.

Penulis : tim_medsos
Kategori : BERITA
Total Views : 239