IGD : (0286) 479-510 Info : (0286) 479-030 Pendaftaran : (0286) 479-454 WA : 08112992111 HotLine Keluhan : 08112705252

Edukasi Kesehatan Tentang Gizi pada Kelompok Lansia Kaleb GKI Purwareja Klampok, Banjarnegara

Wednesday, 26 June 2024 11:11 WIB
rsemanuel-cover-news-2024/06/26/edukasi-kesehatan-tentang-gizi-pada-kelompok-lansia-kaleb-gki-purwareja-klampok-banjarnegara
Gbr. Cover Edukasi Kesehatan Tentang Gizi pada Kelompok Lansia Kaleb GKI Purwareja Klampok, Banjarnegara - RSEMANUEL ©2024

Rumah Sakit Emanuel baru-baru ini mengadakan program edukasi kesehatan yang berfokus pada gizi bagi kelompok lansia Kaleb di GKI Purwareja Klampok, Banjarnegara. Program ini dirancang untuk meningkatkan pengetahuan para lansia mengenai pentingnya gizi seimbang dalam menjaga kesehatan dan kualitas hidup mereka. Edukasi ini mencakup berbagai aspek gizi, termasuk pemilihan makanan yang tepat, kebutuhan nutrisi harian, dan cara mengelola asupan makanan agar tetap seimbang.

 

Salah satu fokus utama dari edukasi ini adalah pemahaman tentang kebutuhan nutrisi khusus bagi lansia. Seiring bertambahnya usia, kebutuhan gizi tubuh berubah, dan lansia memerlukan perhatian khusus terhadap asupan protein, vitamin, dan mineral. Program ini menjelaskan bagaimana kekurangan atau kelebihan gizi tertentu dapat mempengaruhi kesehatan lansia, seperti risiko osteoporosis akibat kekurangan kalsium atau masalah jantung yang dapat timbul dari kelebihan natrium.

 

Edukasi ini juga memberikan panduan praktis tentang cara memilih dan menyiapkan makanan yang sehat. Para peserta diajarkan cara membaca label makanan, mengenali kandungan gizi dalam setiap bahan makanan, serta metode memasak yang dapat mempertahankan nilai gizi makanan. Selain itu, mereka juga diberikan contoh menu harian yang seimbang dan sesuai dengan kebutuhan nutrisi lansia, yang mudah diikuti dan disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi pribadi masing-masing. Dengan panduan ini, para lansia diharapkan dapat lebih mandiri dalam mengelola pola makan mereka dan menjaga kesehatan tubuh secara optimal.

 

Selain memberikan informasi tentang gizi, program edukasi ini juga menekankan pentingnya pola makan yang teratur dan seimbang. Para lansia didorong untuk makan dalam porsi kecil namun sering, serta memastikan variasi makanan dalam setiap hidangan untuk memenuhi semua kebutuhan gizi. Diskusi interaktif mengenai kebiasaan makan sehari-hari dan tantangan yang dihadapi oleh para lansia juga diadakan, sehingga peserta dapat saling berbagi pengalaman dan solusi praktis.

 

Program ini mendapat sambutan positif dari para lansia Kaleb GKI Purwareja Klampok, Banjarnegara. Mereka merasa lebih paham mengenai pentingnya gizi yang tepat dan bagaimana menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan edukasi kesehatan ini, Rumah Sakit Emanuel berharap dapat meningkatkan kualitas hidup para lansia melalui penerapan pola makan sehat yang dapat mencegah berbagai penyakit degeneratif dan memperpanjang usia harapan hidup. Program ini merupakan bagian dari komitmen Rumah Sakit Emanuel dalam memberikan pelayanan kesehatan yang holistik dan berkelanjutan kepada masyarakat.

Penulis : tim_medsos
Kategori : BERITA
Total Views : 67