IGD : (0286) 479-510 Info : (0286) 479-030 Pendaftaran : (0286) 479-454 WA : 08112992111 HotLine Keluhan : 08112705252

Pelatihan Deteksi Dini dan Rujukan Clubfoot CTEV bagi Tenaga Kesehatan (Bidan) se-Kabupaten Banjarnegara

Thursday, 13 June 2024 10:02 WIB
rsemanuel-cover-news-2024/06/13/pelatihan-deteksi-dini-dan-rujukan-clubfoot-ctev-bagi-tenaga-kesehatan-bidan-se-kabupaten-banjarnegara
Gbr. Cover Pelatihan Deteksi Dini dan Rujukan Clubfoot CTEV bagi Tenaga Kesehatan (Bidan) se-Kabupaten Banjarnegara - RSEMANUEL ©2024

Dalam rangka memperingati Hari Clubfoot Sedunia, Rumah Sakit Emanuel bekerja sama dengan Pusat Rehabilitasi Yakkum (PRY) menyelenggarakan pelatihan penting bagi tenaga kesehatan di Kabupaten Banjarnegara. Pelatihan ini fokus pada Deteksi Dini dan Rujukan Clubfoot/CTEV bagi bidan, serta mengadakan pertemuan orang tua dari anak-anak yang mengalami clubfoot. Acara ini menghadirkan dr. Aris Kurniawan, Sp.OT sebagai narasumber utama yang berbagi pengetahuan dan pengalaman mengenai penanganan clubfoot.

 

Program ini bertujuan untuk merintis jaringan klinik ortopedi yang mampu memberikan penanganan clubfoot dengan metode non-bedah Ponseti. Metode Ponseti telah terbukti efektif dalam mengoreksi deformitas kaki pada anak-anak tanpa perlu intervensi bedah yang invasif. Dengan pelatihan ini, diharapkan para bidan dan tenaga kesehatan lainnya dapat mengidentifikasi clubfoot sejak dini dan merujuk kasus tersebut ke klinik yang tepat untuk mendapatkan perawatan yang sesuai.

 

Selain pelatihan, program ini juga menggarisbawahi pentingnya peningkatan kapasitas dokter dan tim klinik dalam metode Ponseti. Dengan pelatihan dan peningkatan pengetahuan ini, diharapkan lebih banyak tenaga medis yang terampil dalam menerapkan metode Ponseti, sehingga anak-anak dengan clubfoot dapat menerima perawatan yang optimal. Hal ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran tentang clubfoot di kalangan masyarakat dan tenaga kesehatan.

 

Tidak hanya fokus pada penanganan medis, program ini juga memperhatikan kebutuhan logistik berupa brace atau sepatu khusus yang dibutuhkan oleh anak-anak dengan clubfoot. Rantai suplai brace yang efisien dan gratis sangat penting untuk memastikan anak-anak mendapatkan peralatan yang mereka butuhkan tanpa beban finansial. Penyediaan brace ini merupakan bagian integral dari pendekatan komprehensif dalam perawatan clubfoot yang diusung oleh RS Emanuel dan PRY.

 

Seluruh rangkaian kegiatan ini juga dilengkapi dengan upaya memantau kualitas perawatan yang diberikan. Standar perawatan global untuk anak-anak dengan clubfoot diterapkan untuk memastikan setiap anak mendapatkan penanganan yang sesuai dan efektif. Dengan demikian, kualitas hidup anak-anak dengan clubfoot dapat ditingkatkan secara signifikan, memberikan mereka kesempatan untuk tumbuh dan berkembang dengan normal.

Penulis : tim_medsos
Kategori : BERITA
Total Views : 147