IGD : (0286) 479-510 Info : (0286) 479-030 Pendaftaran : (0286) 479-454 WA : 08112992111 HotLine Keluhan : 08112705252

Cross-Learning Penanganan Clubfoot/CTEV Dengan Metode Ponseti Antar Dokter & Tim Klinik Mitra

Sunday, 19 May 2024 12:39 WIB
rsemanuel-cover-news-2024/05/19/cross-learning-penanganan-clubfoot-ctev-dengan-metode-ponseti-antar-dokter-tim-klinik-mitra
Gbr. Cover Cross-Learning Penanganan Clubfoot/CTEV Dengan Metode Ponseti Antar Dokter & Tim Klinik Mitra - RSEMANUEL ©2024

Pada hari Jumat dan Sabtu, tanggal 17-18 Mei 2024, diselenggarakan acara cross-learning dan sharing penanganan clubfoot atau Congenital Talipes Equinovarus (CTEV) dengan metode Ponseti. Acara ini diadakan oleh para dokter dan tim dari klinik mitra, dengan narasumber utama Dr. Aris Kurniawan, Sp.OT. Tujuan dari acara ini adalah untuk memperkuat pemahaman, keterampilan, dan kolaborasi antara penyedia layanan yang terlibat dalam pengelolaan kasus clubfoot di klinik Ponseti.

 

Metode Ponseti dikenal sebagai pendekatan yang sangat efektif, dengan tingkat keberhasilan mencapai 90% dalam mengoreksi clubfoot pada bayi dan anak. Metode ini melibatkan serangkaian langkah manipulasi kaki secara bertahap yang diikuti dengan pemasangan gips, dan akhirnya pemakaian foot abduction brace. Prosedur ini dirancang untuk memastikan kaki yang telah dikoreksi tetap pada posisi yang benar dan mencegah terjadinya kekambuhan. Keberhasilan metode ini telah diakui secara global, salah satunya oleh Global Clubfoot Initiative (GCI), di mana organisasi seperti MiracleFeet dan Pusat Rehabilitasi YAKKUM menjadi anggota aktif.

 

Acara ini merupakan kesempatan penting bagi para dokter ortopedi dari rumah sakit mitra untuk saling berbagi pengalaman dan pengetahuan mengenai penerapan metode Ponseti. Setiap dokter telah menerapkan metode ini di rumah sakit masing-masing, namun pertemuan ini diharapkan dapat meningkatkan standar pelayanan dan hasil penanganan melalui diskusi kasus-kasus spesifik dan strategi penanganan yang lebih efektif. Selain itu, kolaborasi antara tim medis dari berbagai klinik dapat memperkuat jaringan kerja dan dukungan dalam menangani kasus-kasus yang lebih kompleks.

 

Dengan adanya acara cross-learning dan sharing ini, diharapkan para dokter dan tim medis yang terlibat dapat lebih terampil dan percaya diri dalam menerapkan metode Ponseti, sehingga dapat memberikan hasil perawatan yang lebih baik bagi pasien dengan clubfoot. Selain itu, acara ini juga diharapkan dapat mendorong terbentuknya komunitas medis yang lebih erat, saling mendukung, dan berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di bidang ortopedi anak.

Penulis : tim_medsos
Kategori : BERITA
Total Views : 124