IGD : (0286) 479-510 Info : (0286) 479-030 Pendaftaran : (0286) 479-454 WA : 08112992111 HotLine Keluhan : 08112705252

Edukasi Penyakit Tuberkulosis bersama dr. Luhur Dewantoro Sp.P dan Kader Kesehatan Susukan

Sunday, 21 January 2024 08:20 WIB
rsemanuel-cover-news-2024/01/21/edukasi-penyakit-tuberkulosis-bersama-dr-luhur-dewantoro-sp-p-dan-kader-kesehatan-susukan
Gbr. Cover Edukasi Penyakit Tuberkulosis bersama dr. Luhur Dewantoro Sp.P dan Kader Kesehatan Susukan - RSEMANUEL ©2024

Pada tanggal 20 Januari 2024, telah dilaksanakan Pertemuan Forum Koordinasi Kader Kesehatan Kecamatan Susukan yang bertujuan untuk memperkuat upaya promosi kesehatan, khususnya dalam penanggulangan penyakit tuberkulosis. Acara ini menjadi langkah penting dalam meningkatkan kesadaran masyarakat sekaligus memperkuat koordinasi antara para kader kesehatan dan Rumah Sakit Emanuel.

 

Dr. Luhur Dewantoro, Sp.P, Dokter spesialis paru di Rumah Sakit Emanuel, turut hadir dalam pertemuan tersebut. Beliau membawakan materi utama seputar tuberkulosis, memberikan pemahaman mendalam mengenai penyakit tersebut, dan memberikan panduan langkah-langkah preventif yang dapat diambil oleh masyarakat.

 

Pertemuan dimulai dengan sambutan hangat dari pihak penyelenggara, yang juga mengapresiasi kehadiran dr. Luhur Dewantoro sebagai pemateri utama. Para kader kesehatan dari berbagai kelurahan di Kecamatan Susukan turut hadir, bersama dengan perwakilan masyarakat setempat. Hal ini mencerminkan komitmen bersama dalam menjaga kesehatan dan mencegah penyebaran penyakit tuberkulosis.

 

Dr. Luhur Dewantoro membuka presentasinya dengan memberikan gambaran umum mengenai penyakit tuberkulosis, termasuk penyebab, gejala, dan metode penularannya. Dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami, beliau berusaha menjelaskan kompleksitas penyakit ini kepada seluruh peserta, tanpa melupakan aspek-aspek kesehatan yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

 

Selanjutnya, beliau menyoroti upaya-upaya pencegahan yang dapat dilakukan oleh masyarakat, termasuk pola hidup sehat, kebersihan lingkungan, dan tindakan preventif lainnya. Penekanan diberikan pada pentingnya deteksi dini dan pengobatan yang tepat waktu sebagai kunci utama dalam mengendalikan penyebaran tuberkulosis.

 

Para peserta aktif terlibat dalam sesi tanya jawab, di mana mereka dapat mengajukan pertanyaan langsung kepada dr. Luhur Dewantoro. Hal ini memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk memahami lebih dalam tentang tuberkulosis dan menghilangkan keraguan yang mungkin mereka miliki.

 

Melalui Pertemuan Forum Koordinasi Kader Kesehatan ini, diharapkan terjalin sinergi yang kuat antara masyarakat, kader kesehatan, dan pihak rumah sakit untuk bersama-sama melawan penyebaran tuberkulosis. Kesadaran dan edukasi yang ditingkatkan diharapkan dapat menjadi langkah awal menuju masyarakat yang lebih sehat dan bebas dari ancaman penyakit tuberkulosis.

Penulis : tim_medsos
Kategori : BERITA
Total Views : 66