IGD : (0286) 479-510 Info : (0286) 479-030 Pendaftaran : (0286) 479-454 WA : 08112992111 HotLine Keluhan : 08112705252

Deteksi Dini dan Penanganan Katarak Bersama dr.Andi Surahmat, Sp.M

Wednesday, 22 November 2023 11:01 WIB
rsemanuel-cover-news-2023/11/23/deteksi-dini-dan-penanganan-katarak-bersama-dr-andi-surahmat-sp-m
Gbr. Cover Deteksi Dini dan Penanganan Katarak Bersama dr.Andi Surahmat, Sp.M - RSEMANUEL ©2023

Pada hari Rabu, 22 November 2023, Rumah Sakit Emanuel menggelar acara sarasehan bertajuk "Deteksi Dini dan Penanganan Katarak" di Aula Bethlehem. Acara ini dihadiri oleh sejumlah penggiat sosial, kader, dan pasien post operasi katarak yang turut menyaksikan pemaparan dari seorang ahli mata yaitu dr. Andi Surahmat, Sp.M. Katarak, sebuah kondisi mata yang umum pada usia lanjut, dapat menyebabkan kehilangan penglihatan jika tidak segera diatasi. Oleh karena itu, sarasehan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya deteksi dini dan penanganan katarak.

Sebagai pembicara utama, dr. Andi Surahmat, Sp.M, seorang spesialis mata dengan pengalaman yang luas, membahas berbagai aspek terkait katarak, mulai dari gejala awal hingga opsi pengobatan yang tersedia. Beliau berbagi pengetahuan mendalamnya tentang bagaimana mendeteksi katarak pada tahap awal dan pentingnya penanganan yang tepat. Dr. Andi juga membahas faktor-faktor risiko yang dapat memicu perkembangan katarak, termasuk usia, paparan sinar UV, dan riwayat penyakit tertentu. Dalam presentasinya, beliau memberikan penjelasan yang mudah dipahami tentang pentingnya perawatan mata secara rutin dan kunjungan berkala ke dokter mata.

Acara ini tidak hanya dihadiri oleh masyarakat umum, tetapi juga melibatkan aktifitas penggiat sosial dan kader. Mereka memiliki peran penting dalam menyebarkan informasi kesehatan mata ke masyarakat lebih luas, terutama kepada kelompok yang rentan terhadap katarak. Penggiat sosial dan kader diundang untuk berpartisipasi aktif dalam diskusi interaktif setelah presentasi dr. Andi. Mereka dapat bertukar pengalaman, strategi, dan ide untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya perawatan mata dan deteksi dini katarak.

Sejumlah pasien yang telah menjalani operasi katarak juga turut berbagi pengalaman mereka selama acara. Mereka memberikan kesaksian tentang proses deteksi, keputusan untuk menjalani operasi, dan perubahan positif yang mereka rasakan setelah prosedur tersebut. Sesi sharing ini tidak hanya memberikan inspirasi, tetapi juga memberikan pemahaman yang lebih baik tentang proses penyembuhan dan kualitas hidup setelah operasi katarak. Pasien post operasi katarak menjadi sumber motivasi bagi peserta lainnya untuk menjalani prosedur serupa jika diperlukan.

Sarasehan Deteksi Dini dan Penanganan Katarak ini berhasil menciptakan forum yang informatif dan inspiratif bagi semua peserta. Melalui kolaborasi antara ahli mata, penggiat sosial, kader, dan pasien, acara ini membuka pintu menuju pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya deteksi dini katarak dan perawatan mata secara umum. Semoga kegiatan seperti ini dapat terus diadakan untuk terus menyebarkan kesadaran tentang pentingnya menjaga kesehatan mata, sehingga kita dapat bersama-sama menciptakan masyarakat yang lebih peduli terhadap kesehatan mata dan berkontribusi pada pencegahan penyakit mata, seperti katarak.

Penulis : tim_medsos
Kategori : BERITA
Total Views : 170