IGD : (0286) 479-510 Info : (0286) 479-030 Pendaftaran : (0286) 479-454 WA : 08112992111 HotLine Keluhan : 08112705252

Pelatihan Pendampingan Orang Dengan Disabilitas Psikososial (ODDP) dan Rujukan Kegawatdaruratan Kesehatan Jiwa

Thursday, 24 August 2023 10:47 WIB
rsemanuel-cover-news-2023/08/25/pelatihan-pendampingan-orang-dengan-disabilitas-psikososial-oddp-dan-rujukan-kegawatdaruratan-kesehatan-jiwa
Gbr. Cover Pelatihan Pendampingan Orang Dengan Disabilitas Psikososial (ODDP) dan Rujukan Kegawatdaruratan Kesehatan Jiwa - RSEMANUEL ©2023

Pelatihan pendampingan bagi individu dengan disabilitas psikososial (ODDP) dan rujukan dalam situasi darurat kesehatan jiwa telah menjadi sorotan penting dalam upaya meningkatkan perawatan dan dukungan untuk kelompok rentan ini. Disabilitas psikososial melibatkan kombinasi antara masalah kesehatan mental dan sosial yang dapat mengganggu fungsi individu dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, memberikan bantuan yang efektif dan sesuai dalam kondisi kegawatdaruratan sangatlah penting.

Pelatihan pendampingan ODDP bertujuan untuk melatih orang-orang agar dapat memberikan dukungan emosional, praktikal, dan sosial kepada individu dengan disabilitas psikososial. Dalam konteks ini, pendamping dapat menjadi teman, keluarga, atau profesional yang terlatih, yang membantu individu mengatasi tantangan dan kesulitan yang mungkin timbul akibat kondisi mereka. Pendampingan ini bertujuan untuk memungkinkan individu dengan disabilitas psikososial tetap berpartisipasi secara penuh dalam kehidupan masyarakat dan meningkatkan kualitas hidup mereka.

Selain itu, pelatihan juga mencakup aspek rujukan kegawat daruratan kesehatan jiwa. Dalam beberapa situasi, individu dengan disabilitas psikososial dapat menghadapi krisis kesehatan mental yang memerlukan penanganan segera. Pelatihan ini akan memberikan pengetahuan tentang tanda-tanda bahaya, langkah-langkah pertolongan pertama, dan prosedur rujukan yang tepat kepada profesional kesehatan jiwa yang lebih berpengalaman.

Tujuan akhir dari pelatihan ini adalah untuk menciptakan jaringan dukungan yang kuat untuk individu dengan disabilitas psikososial. Ini mencakup pemberian informasi yang akurat kepada masyarakat umum agar stigma terhadap kesehatan mental dapat dikurangi, serta meningkatkan pemahaman tentang bagaimana memberikan dukungan yang sensitif dan efektif kepada individu dalam situasi darurat.

Dalam dunia yang semakin sadar akan pentingnya inklusi dan kesejahteraan mental, pelatihan mengenai pendampingan ODDP dan rujukan kesehatan jiwa memiliki peran yang vital dalam memastikan bahwa individu dengan disabilitas psikososial mendapatkan perawatan yang pantas dan layak, bahkan dalam kondisi darurat sekalipun.

Upaya strategis perlu dilakukan untuk memperkuat peran kader, care giver/pendamping, Puskesmas dan Rumah Sakit dalam pendampingan dan penyediaan layanan terintegrasi bagi orang dengan disabilitas psikososial. Rumah Sakit Emanuel bekerjasama dengan Pusat Rehabilitasi YAKKUM menyelenggarakan 2 hari Pelatihan Pendampingan Orang Dengan Disabilitas Psikososial (ODDP) dan Rujukan Kegawatdaruratan Kesehatan Jiwa (22-23 Agustus 2023). Bertempat di Aula Bethlehem RS Emanuel.

Penulis : tim_medsos
Kategori : BERITA
Total Views : 282