IGD : (0286) 479-510 Info : (0286) 479-030 Pendaftaran : (0286) 479-454 WA : 08112992111 HotLine Keluhan : 08112705252

PKRS (Promosi Kesehatan Rumah Sakit) Spesial Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia

Monday, 20 March 2023 10:48 WIB
rsemanuel-cover-news-2023/03/22/pkrs-promosi-kesehatan-rumah-sakit-spesial-hari-kesehatan-gigi-dan-mulut-sedunia
Gbr. Cover PKRS (Promosi Kesehatan Rumah Sakit) Spesial Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia - RSEMANUEL ©2023

Tips menjaga kesehatan gigi dan mulut

  1. Jangan sikat gigi terlalu keras
    Salah satu tujuan sikat gigi adalah menghilangkan plak gigi. Namun jika menyikat gigi terlalu keras, gesekannya dapat merobek gusi dan mengikis enamel gigi yang relatif tipis. Akibatnya, gigi menjadi lebih sensitif. Selain itu, cara sikat gigi yang tidak benar dapat menyebabkan plak gigi malah menumpuk dan mengeras yang dapat berakibat pada gingivitis (peradangan gusi). Menyikat gigi haruslah dilakukan secara lembut dengan gerakan memutar dan memijat gigi. Biasanya, lama durasi yang efektif untuk sikat gigi adalah sekitar dua menit.
  2. Sikat gigi sebelum tidur
    Dianjurkan untuk sikat gigi setidaknya dua kali sehari: bangun pagi dan sebelum beranjak tidur. Sikat gigi sebelum tidur ternyata dapat menghilangan kuman dan plak pada gigi yang menumpuk lama sepanjang hari. Selain menyikat gigi, dianjurkan juga untuk menyikat lidah demi menghilangkan kuman atau plak yang menempel pada lidah.
  3. Gunakan pasta gigi berfluorida
    Fluorida adalah unsur alami yang dapat ditemukan di banyak hal, seperti air minum dan makanan yang Anda konsumsi. Fluorida diserap tubuh untuk digunakan oleh sel-sel yang membangun gigi untuk menguatkan enamel gigi. Fluorida juga merupakan pertahanan utama terhadap kerusakan gigi yang bekerja dengan memerangi kuman yang dapat menyebabkan kerusakan, serta menyediakan perlindungan alami untuk gigi Anda. Oleh karena itu, gunakanlah pasta gigi yang mengandung fluorida.
  4. Jangan merokok
    Tembakau dapat menyebabkan gigi menguning dan bibir menghitam. Merokok juga melipatgandakan risiko terhadap penyakit gusi dan kanker mulut. Oleh karena itu, berhenti merokok sekarang juga.
  5. Minum lebih banyak air
    Air merupakan minuman terbaik untuk kesehatan secara keseluruhan, termasuk bagi kesehatan mulut, karena aktivitas minum dapat membantu membersihkan beberapa efek negatif dari makanan dan minuman yang menempel pada gigi.
  6. Batasi konsumsi makanan yang manis dan asam
    Makanan manis dan asam akan diubah menjadi asam oleh bakteri di mulut yang kemudian dapat menggerogoti enamel gigi Anda. Asam inilah yang menyebabkan gigi Anda cepat berlubang. Tidak perlu menghentikan konsumsi gula sama sekali untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, hanya perlu membatasi konsumsinya.
  7. Makan makanan yang bergizi
    Makan makanan yang bergizi baik untuk kesehatan gigi dan mulut. Makan makanan yang bergizi termasuk biji-bijian, kacang-kacangan, buah-buahan dan sayuran, dan produk susu dapat memberikan semua nutrisi yang butuhkan.

Pada setiap tanggal 20 Maret dirayakan Hari Kesehatan Gigi Sedunia (World Oral Health Day) yang merupakan kampanye kesadaran akan kesehatan gigi dan mulut. Kampanye tersebut diperingati setiap tahunnya, Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia tahun 2023 mengusung tema “Be Proud of Your Mouth”.

Rumah Sakit Emanuel sebagai institusi kesehatan turut merayakan dengan berbagi pengetahuan mengenai kesehatan gigi dan mulut bersama dengan para penunggu pasien dalam acara PKRS (Promosi Kesehatan Rumah Sakit) Spesial Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia. Tips menjaga kesehatan gigi dan mulut dibawakan oleh Dokter Gigi di Rumah Sakit Emanuel yaitu drg. Felicia, drg. Ananda, dan drg. Sherly.

Penulis : tim_medsos
Kategori : BERITA
Total Views : 469