IGD : (0286) 479-510 Info : (0286) 479-030 Pendaftaran : (0286) 479-454 WA : 08112992111 HotLine Keluhan : 08112705252

Sinergi Dalam Keberagaman

Monday, 24 May 2021 07:32 WIB
rsemanuel-cover-news-2021/05/24/sinergi-dalam-keberagaman
Gbr. Cover Sinergi Dalam Keberagaman - RSEMANUEL ©2021

Bacaan: I Korintus 12: 4 - 6

_Ada rupa-rupa karunia, tetapi satu Roh. Dan ada rupa-rupa pelayanan, tetapi satu Tuhan. Dan ada berbagai-bagai perbuatan ajaib, tetapi Allah adalah satu yang mengerjakan semuanya dalam semua orang_.

Kata sinergi berasal dari kata _sin_, _syn_ atau _sun_ (Yunani) yang berarti bersama dan kata energi berarti tenaga atau potensi.  Jadi sinergi berarti penyatuan atau penggabungan beberapa kekuatan untuk suatu kerja atau satu tujuan. Dalam suatu kelompok atau komunitas kerja dimana beberapa atau banyak orang bekerja dalam suatu badan usaha, sinergi itu menjadi suatu keharusan. Itulah sebabnya dalam lingkung kerja semacam ini dibutuhkan "komando" apakah direksi, kepala bagian, atau kepala seksi atau apapun namanya untuk menyatukan potensi-potensi, talenta, kemampuan yang berbeda-beda ditata sedemikian rupa agar menghasilkan kinerja yang ideal atau yang dibutuhkan. Tentu tidak mudah mewujudkannya. Diperlukan pihak yang mampu menyatukan harapan, semangat, idealisme, agar profesi, latar belakang pendidikan, budaya, ketrampilan, agama/ keyakinan yang berbeda dapat mengerjakan suatu pekerjaan untuk kebahagian dan kesejahteraan bersama dan bahkan juga untuk sesama yang lain.

Kita adalah orang-orang yang melayani atau berkarya di sebuah badan usaha/ Lembaga Pelayan Kesehatan yang terdiri profesi yang berbeda. Tetapi kita yang berprofesi beda satu dengan yang, dan tingkat Pendidikan tidak sederajat ini dipanggil untuk mengerjakan tugas yang berbeda namun untuk tujuan yang sama, yaitu menolong sesama yang berada dalam keadaan menderita/ sengsara karena sakit agar menjadi Bahagia oleh kesembuhannya. 

Agar semua profesi dan potensi diantara kita sungguh – sungguh berguna secara tepat guna maka diperlukan sinergitas. Sinergitas ini akan berjalan sebagaimana seharusnya, maka peran managerial menjadi faktor yang tidak bisa diabaikan.

Meski begitu, rasa kebersamaan, roh kesatuan tidak boleh dilupakan. Kebersamaan ini bisa terbangun dan terjaga oleh pertolongan karya Roh Kudus. Roh Kuduslah yang menimbulkan, menjaga kasih yang melandasi relasi, kerja daan pelayanan kita. Dengan Roh yang sama, yakni Roh Kudus, kita yang berbeda ini disatukan dalam sinergi untuk kebahagiaan dan kesejahteraan sesama. Amin.

 

Salam: 
Pastoral

Penulis : pastoral
Kategori : RENUNGAN
Total Views : 494