IGD : (0286) 479-510 Info : (0286) 479-030 Pendaftaran : (0286) 479-454 WA : 08112992111 HotLine Keluhan : 08112705252

Bersama Mencapainya

Wednesday, 14 July 2021 12:33 WIB
rsemanuel-cover-news-2021/07/14/bersama-mencapainya
Gbr. Cover Bersama Mencapainya - RSEMANUEL ©2021

Bacaan: Markus 6 : 6-13
*_Ia memanggil kedua belas murid itu dan mengutus mereka berdua-dua_* (6:7)

Secara tekstual kita tidak tahu alasan Tuhan Yesus membagi 12 murid menjadi dua-dua. Tetapi secara exegisis (tafsir), kita bisa menduga adanya beberapa tujuan. Dengan dua-dua atau berapa-berapa sebagai tim, para murid bisa (harus) belajar berkoordinasi (membagi tugas) dan juga berbagi energi, mereka bisa saling menguatkan. Sehingga ada tambahan keberanian. Jika terjadi kesulitan atau tantangan dihadapinya dengan potensi dan semangat yang lebih katimbang hanya jika sendirian. Dalam tim ini orang harus belajar bertindak adil, saling menenggang rasa, bersikap rendah hati dan menghormati yang lain. Dan harus ada upaya mengseimbangkan beban atau tanggung jawab. Harus juga ada sikap mengakui kekurangan atau kelemahan diri dan mengakui serta menghormati kekuatan dan kelebihan pihak lain yang merupakan anggota tim.

Dalam perutusan (bertindak sebagai utusan) ini, para murid diberi wewenang (mengajar/ bersaksi), dan kuasa sebagai senjata. Kita pun di beri hak, wewenang dan kemampuan untuk melakukan tugas pelayanan kita, yang pada akhirnya kita masing-masing atas tugas itu akan memberi pertanggungjawaban kepadaNya.

Kita sebagai YAKKUM atau sebagai unit kerja RS. Emanuel dan orang – orang yang bekerja sebagai tim untuk mewartakan kasih Kristus melalui pelayanan Kesehatan. Berdasarkan uraian di atas, idealnya perlu ada ketersalingan diantara unit kerja (harus ada aksi saling menjadi kekuatan yang satu terhadap yang lain. Terlebih di masa yang berat dimana semua tidak ada yang terhindar dari pandemi. Inilah panggilan kita bersama.

Secara intern pun (kita sebagai RS. Emanuel), meskipun kita masing -masing bekeja di bagian yang berbeda, namun kita adalah tim. Dari semua dan masing-masing yang kita kerjakan, adalah berfokus kepada menolong sesama untuk kebaikan/ kesembuhan sesama.

Karya kita di sini memuat missi perutusan sebagaimana 12 murid Yesus dalam bacaan kita. Yang secara implisit karya kita adalah *_memperjumpakan sesama dengan kasih dan kuasa Kristus_*.

Mari, kita yang adalah warga YAKKUM dan yang merupakan bagian dari civitas hospitalia RS. Emanuel harus menyadari dan memelihara kesadaran bahwa apa yang kita kerjakan ditempat (bagian) kita masing-masing, adalah yang dikehendaki oleh Dia yang mengutus kita. Dan apa hasilnya dari semuanya sebagai keberhasilan bersama. Untuk kemuliaan Dia yang mengutus kita. Amin.

Salam:
Pastoral

Penulis : pastoral
Kategori : RENUNGAN
Total Views : 55